Minggu, 18 Desember 2011

mikrobiology


1.      Terangkan :
·         Gejala-gejala penyakit yang disebabkan oleh macamnya bakteri terhadap hewan dan manusia berikut ?
·         Mengapa penyakit-penyakit tersebut terjangkit ?
·         Bagaimana cara mengatasi secara preventif dan kuratif terhadap penyakt tersebut, jelaskan ?
Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan maupun manusia yaitu sebagai berikut :
I.       Penyakit TBC

a.      Pengertian
      Penyakit TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini berbentuk batang dan bersifat tahan asam sehingga dikenal juga sebagai Batang Tahan Asam (BTA). Bakteri ini pertama kali ditemukan oleh Robert Koch pada tanggal 24 Maret 1882, sehingga untuk mengenang jasanya bakteri tersebut diberi nama baksil Koch. Bahkan, penyakit TBC pada paru-paru kadang disebut sebagai Koch Pulmonum (KP).

b.      Penyebab
Penyakit TBC dapat disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculose

c.       Gejala
Gejala penyakit TBC dapat dibagi menjadi gejala umum dan gejala khusus yang timbul sesuai dengan organ yang terlibat. Gambaran secara klinis tidak terlalu khas terutama pada kasus baru, sehingga cukup sulit untuk menegakkan diagnosa secara klinik.


·         Gejala sistemik/umum

ü  Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.
ü  Penurunan nafsu makan dan berat badan.
ü  Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah).
ü  Perasaan tidak enak (malaise), lemah.

·         Gejala khusus

ü  Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara "mengi", suara nafas melemah yang disertai sesak.
ü  Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada.
ü  Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.
ü  Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang

d.      Cara untuk mengatasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar